Selamat Datang Para Haratizs, Anda Sekarang Berada di Zona gudang informasi dan berbagi hal menari & Serba Gratis

2011-08-03

Cegah gangguan pencernaan dengan buah dan sayur


Bulan Ramadhan yang penuh kebaikan telah datang. Namun perubahan pola makan sering menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan, menurunnya daya tahan, hingga berbagai penyakit lainnya (seperti diabetes, kolesterol, atau jantung). Sebetulnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal tersebut, antara lain:



  • Kurangi konsumsi makanan yang bersantan dan berlemak
Hindari konsumsi makanan berlemak dan mengandung kolestrol jahat (seperti opor ayam, gulai, gorengan dan lain-lain) secara berlebihan saat sahur maupun buka puasa.


  • Konsumsi sayuran atau buah-buahan
Konsumsilah sayuran atau buah-buahan yang mengandung banyak serat, seperti brokoli, wortel, buah kiwi, buah jeruk dan lain-lain. Bila tak sempat menyediakannya, Anda bisa mengganti dengan produk 100% juice dengan beragam pilihan mixed fruit & veggie juice. Konsumsi tinggi serat dapat menjaga kadar gula darah, serat juga dapat mengikat lemak berlebih pada pencernaan sehingga kadar kolesterol menjadi lebih terkontrol. Selain itu serat membantu mencegah timbulnya konstipasi atau sembelit dan juga diare pada saat berpuasa. Kandungan air di dalam sayuran dan buah juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

Selain serat yang tinggi, vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran juga tinggi. Buah-buahan seperti kiwi, jeruk, jambu, memiliki kandungan vitamin A,C,E, B1, B2, B6 yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, hingga kita akan terhindar dari rasa lemas karena kekurangan vitamin, terutama pada saat puasa.


  • Perbanyak asupan serat pada saat sahur.
Serat dalam sayuran, buah atau karbohidrat kompleks seperti oatmeal, akan mengembang di dalam lambung, dan serat dicerna juga lebih lama dibandingkan zat gizi lainnya, sehingga mempunyai efek mengenyangkan yang cukup lama. Walau perut tidak diisi makanan dari subuh hingga maghrib, kita tidak akan merasa terlalu lapar.

Pastikan kebutuhan serat Anda tercukupi. Kebutuhan serat setiap orang berbeda, Anda bisa menggunakan fiber calculator untuk menentukan kebutuhan serat anda.

Selain dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur,serat yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa bisa menjadi cukup apabila kita juga mengonsumsi Tipco, 100% jus yang terbuat dari 100% sayuran dan buah-buahan pilihan. Dengan kandungan serat 25 gr per liter, serta vitamin esensial A, C, E, B1 dan B2, Tipco mencukupi kebutuhan serat harian Anda. Mengingat banyaknya manfaat serat bagi tubuh kita, ayo perbanyak konsumsi serat selama berpuasa!

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting